Rabu, 01 Agustus 2012

Penerapan Gaya Desain Eklektik Di Rumah


Gaya desain elektik merupakan pengembangan dari konsep desain minimalis tetapi dengan mencampurkan unsur klasik di dalamnya. Cara penggunaan gaya elektik ini dapat dilihat dari perabot yang digunakan berupa desain interior dari perabot yang bergaya masa lalu (vintage) dengan perabot bergaya modern. Perabot yang digunakan juga bisa dari barang bekas yang dipadupadankan.
Trend Gaya Desain Elektik
Untuk ke depannya gaya ini bisa menggeser trend gaya minimalis. Dengan menggunakan konsep ini dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan dinamis. Material perabotan yang digunakan bisa menggunakan rotan  dan juga metal.

Desain eklektik cocok bagi mereka yang belum menentukan konsep desain ruang bagi rumahnya tetapi telahmembeli berbagai macam keperluan desain interior dari berbagai macam konsep desain.

Konsep Budaya Pada Desain Elektik
Dengan berbagai macam budaya, gaya desain ini sangat cocok diterapkan di Indonesia. Desain ini bisa dipadukan dengan desain etnik yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Gaya ini disebut dengan gaya eklektik etnik. Contohnya untuk penutup meja atau kursi yang bergaya modern bisa dengan menggunakan kain tenun, batik ataupunsongket. Bisa juga kebalikannya. Kursi dan meja dibuat dengan gaya klasik yang terdapat banyak ukirannya tetapi penutupnya menggunakan konsep lain seperti art deco atau klasik.
 Jika Anda suka dengan berbagai macam gaya etnik, Anda bisa memasukan unsur etnik dari daerah atau negara lain seperti gaya oriental Cina, Jepang maupun Korea. Tetapi perlu diperhatikan komposisinya harus selaras antara desain yang satu dengan desain lainnya.

Gaya elektik selain untuk desain ruang, juga bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah. Contohnya pada rumah yang berdesain minimalis bisa diberi beberapa ornament klasik yang menimbulkan suasana tempo dulu seperti pembuatan pilar rumah yang berkesan jaman dulu. Lalu di taman bisa ditaruh patung gaya Romawi tetapi tidak perlu merubah konsep minimalisnya.

Kesimpulan
Menata rumah dengan menggunakan konsep elektik bukan berarti Anda harus menata ulang kembali ruangan Anda. Anda tetap masih bisa menggunakan desain rumah minimalis tetapi dengan menambahkan perabot klasik di dalamnya. Interior designnya pun tidak harus mengeluarkan uang banyak. Cukup menggunakan perabot lama Anda yang dirombak atau barang warisan dari kakek nenek Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar