Rabu, 01 Agustus 2012

Jenis dan Bentuk Dapur


Memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Tidaktanggung-tanggung, mereka akan memilih perangkat memasak yang serba canggih untuk menyalurkan hobinya ini. Salah satunya denganmembuat kitchen set agar dapur menjadi tempat yang menyenangkan dalam memasak.

Jenis Dapur
Membuat kitchen set harus disesuaikan dengan kebutuhan pengolahan memasak Anda. Pemilihan kitchen set pun harus di sesuaikan dari jenis dapurnya. Dapur berdasarkan fungsinya terdiri dari 2 jenis yaitu :

1.  Dapur basah
Dapur ini menjadi tempat kegiatan masak-memasak yang sebenarnya, seperti menyiapkan makanan dari mentah sampai diolah menjadi masakan yang siap untuk disantap.

2.  Dapur kering
Dapur ini hanya merupakan tempat untuk membuat makanan yang ringkas dan mudah untuk disajikan, misalnya seperti menyiapkan sarapan pagi. Bagi rumah modern, dapur kering juga bisa dijadikan tempat untuk kumpul keluarga sambil menikmati hidangan kecil.

Bentuk Dapur
Bentuk dapur sekarang ini mengalami perkembangan sehingga bentuk dapur sekarang ini beragam. Adapun beberapa bentuk dapaur yang umum digunakan diantaranya adalah :

1.  Single Line
Dapur ini berbentuk garis lurus. Dapur ini digunakandi apartemen atau rumah yang memiliki ruang memanjang dan tidak terlalu lebar. Bentuk ini kurang efektif namun hemat tempat.

2. Model U (U-Shaped Kitchen Layout)
Bentuk dapur U biasanya menempati tiga dinding dan dapat digabungkan dengan bar. Dapur U bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan yang cukup luas.

3. Double Line
Dapur ini terdiri dari dua sisi yaitu dapur bersih dan dapur kotor yang terletak pada dua dinding yang berlawanan. Model digunakan untuk memisahkan antara dapur bersih dan dapur kotor.

4. Model L (L-Shaped Kitchen Layout)
Model diterapkan untuk ruang yang terbatas. Bentuk dapurnya yang siku memungkinkan pengelompokan antara dapur bersih dan kotor ditempatkan pada dua dinding yang berpotongan pada sudut.

5. Model Island (Island Shaped Kitchen Layout)
Model ini membawa kesan ekslusif dan dapat diterapkan pada ruangan yang cukup luas. Tipe island ini dapat berfungsi sebagai tempat makan sekaligus meja saji.

Kesimpulan
Dalam memilih bentuk dapur sesuaikan pula dengan design rumah Anda. Sebaiknya jika rumah Anda rumah yang kecil gunakanlah jenid dapur basah. Dapur basah juga lebih sehat dibandingkan dapur kering asal sanitasinya lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar