Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Instalasi Lampu Taman


Penataan lampu taman dibutuhkan untuk menambah keindahan taman terutama di malam hari. Tidak ada keahlian khusus yang perlu diperhatikan dalam pemasangan instalasi lampu, hanya saja butuh kejelian dalam menata letak lampu dan menganalisa keindahannya terhadap taman.

Perlunya Penataan Lampu
Untuk merancang tata letak lampu butuh perhitungan dan imajinasi yang tinggi karena terdapat tingkat kesulitan pada saat menentukan jumlah titik lampu yang akan dipasang pada taman. Jumlah titik lampu itu harus disesuaikan dengan tingkat kelebaran taman. Biasanya jika titik lampu yang dipasang pasa taman lebih dari 3 maka taman tersebut cukup lebar. Untuk taman yang membutuhkan kurang dari 3 titik cahaya maka pemasangannya bisa dilakukan sendiri.

Penataan Taman Kecil
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan taman kecil, diantaranya adalah pemilihan jenis lampu, keamanan instalasi perkabelan dan dalam menentukan titik yang ingin diterangi.

Dalam pembuatan instalasi lampu taman ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:
1.Tentukan lokasi titik-titik lampu.
   Dalam menentukan lokasi titik – titik lampu yang harus dilakukan pertama kali adalah buat alur instalasinya kabel listrik dari stop kontak terdekat ke lokasi titik-titik lampu. Sebaiknya alur instalasi kabel merapat dengan tembok.
2.Gali tanah sesuai alur instalasi kabel listrik. Gali hingga kedalaman 20 cm.
3.Potong pipa PVC sesuai alur instalasi. Warnai pipa dengan cat besi.
4.Masukkan kabel ke dalam pipa dan tanam di dalam tanah. Setelah itu hubungkan bagian ujung kabel ke rumah lampu dan ujung lainnya pada stop kontak.

Langkah Alternatif
Selain cara penginstalan di atas ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :
- Pada luar ruangan lampu yang dipergunakan adalah lampu dengan spesifikasi water resistant. Jenis lampunya bisa pijar ataupun pendar.
- Lampu taman ada yang bervoltase rendah (+ 12 volt) dan voltase tinggi (+ 220volt).  Pilihlah sesuai dengan kebutuhan taman. Untuk keamanan, sebaiknya pilih perangkat lampu taman bervoltase rendah yang dapat mencegah kecelakaan fatal seandainya ada arus listrik yang bocor.
- Gunakan panjang kabel dengan tepat, karenasemakin panjang kabel, semakin besar pula peluang penurunan voltase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar